blog\'s Sumardi

Tempat curhat, iseng, refresing dan menghabiskan waktu

Perancangan Sistem Kontrol Suspensi Semi-aktif

PERANCANGAN SISTEM KONTROL SUSPENSI SEMI-AKTIF
MENGGUNAKAN “FUZZY LOGIC CONTROL”
PADA MODEL KENDARAAN SEPEREMPAT
Oleh : Sumardi, Wahyudi, Imam Santoso
Teknik Elektro
Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Tahun 1999/2000, 60 halaman
Penggunaan komponen pasif pada sistem suspensi kendaraan mempunyai beberapa
kelemahan yaitu sistem tidak dapat menyesuaikan dengan kondisi permukaan jalan. Untuk
mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan menambahkan komponen aktif pada sistem
suspensi pasif, yang kemudian lebih dikenal dengan sistem suspensi semi-aktif.
Pada penelitian ini dilakukan perancangan sistem suspensi semi-aktif dengan peredam
nonlinier menggunakan Pengontrol Logika Fuzzy. Peredam nonlinier digunakan dengan
pertimbangan bahwa pada kenyataannya peredam mempunyai karakteristik yang nonlinier, baik
pada saat dirancang maupun akibat lamanya pemakaian. Hasil perancangan dianalisa dengan
berbagai kondisi permukaan jalan. Untuk kepentingan simulasi kondisi permukaan jalan diwakili
oleh sinyal impuls, sinyal sinusoida dan sinyal random. Model kendaraan yang digunakan adalah
model kendaraan seperempat.
Hasil simulasi dengan kondisi permukaan jalan berupa impuls menunjukkan bahwa harga
puncak yang dirasakan badan kendaraan dapat diperkecil dari 0,0107 meter pada suspensi pasif
menjadi 0,0075 meter pada suspensi semi-aktif. Sementara itu waktu mantap juga mengalami
perbaikan dari 3,0631 detik pada suspensi pasif menjadi 0,2890 detik pada suspensi semi-aktif
yang dirancang. Demikian juga pada perubahan ketidaklinieran dari peredam yang digunakan,
sistem suspensi semi-aktif yang dirancang memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan
dengan sistem suspensi pasif.
Selanjutnya, pada kondisi permukaan jalan berbentuk sinusoida sistem suspensi semiaktif
yang dirancang mampu memberikan penurunan percepatan vertikal pada frekuensi di
bawah 12,6 rad/det, sehingga faktor kenyamanannya dapat ditingkatkan. Defleksi yang terjadi
pada ban dan pada per secara umum juga dapat diperkecil pada semua daerah frekuensi sehingga
faktor keamanannyapun dapat lebih baik.
Kata kunci: Suspensi, Fuzzy Logic Control, Semi-aktif, Kendaraan seperempat.

Selengkapnya klik disini

Be Sociable, Share!
Categories: Uncategorized
Skip to toolbar